Jun
13
2012

Bismillah…PIMNAS 2012

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2012 segera akan berakhir. Tiap kelompok sudah menyelesaikan programnya masing-masing, melewati tahapan monitoring dan evaluasi, dan telah menyusun laporan akhir. Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012 sudah di depan mata. Acara tahunan yang diikuti mahasiswa dari seluruh tanah air akan diselenggarakan pada tanggal 9-13 Juli 2012 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Selain presentasi hasil karya PKM yang meliputi PKP-Penelitian (PKMP), PKM-Teknologi (PKMT), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM-Karsa Cipta (PKMKC), PKM-Kewirausahaan (PKMK), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKMGT), juga berlangsung lomba pendukung PKM seperti lomba debat, lomba karikatur dan pameran. Kegiatan ini memperebutkan piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional “Adhikarta Kertawidya” bagi kontingen juara umum.

 

Pada tahun 2012, saya membimbing 3 kelompok PKMP. Alhamdulillah 2 dari 3 kelompok tersebut terpilih untuk mempresentasikan karyanya di ajang PIMNAS 2012. Kelompok pertama terdiri dari Bani Adlina Shabrina, Cyndwika Ayu, dan Erlina Rivanti akan membawakan hasil penelitiannya berjudul ” Ekstrak Etanolik Kulit Kayu Secang Caesalpinia sappan L. sebagai Agen Kemopreventif yang Selektif : Kajian in vitro”. Sedangkan Nindi Wulandari, Yonika Arum Larasati, dan Herwandhani Putri akan mempresentasikan Potensi Kulit Jeruk Purut Citrus hystrix D.C. Sebagai Agen Kardiohepatoprotektif pada Penekanan Efek Kardio-Hepatotoksik Kemoterapi.

 

Kabar lolosnya bimbingan saya ke PIMNAS saya terima pada saat saya berada di München, Jerman. Terakhir kali saya membimbing mereka secara langsung adalah pada saat monitoring dan evaluasi PKM dari DIKTI. Suatu tantangan tersendiri bagi saya untuk membimbing mereka dari jauh, alhamdulillah teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah sangat canggih. Penelitian kami tergabung dalam grup Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC), Fakultas Farmasi UGM, sehingga pembinaan dan persiapan PIMNAS juga dibimbing secara langsung oleh dosen-dosen pembina CCRC. Satu hal yang juga sedang saya lakukan adalah mengoreksi naskah publikasi mereka untuk saya submit ke jurnal internasional ber-impact factor.

Selamat berjuang anak-anakku,, doaku dari Eropa Barat selalu menyertaimu. Semoga hasil risetmu bermanfaat untuk umat manusia. Aamiin,,

Written by adam_apt in: Campus |

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker